FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI REMAJA DALAM SHALAT BERJAMA’AH DI DESA JATI MULYA KEC PAMENGPEUK KAB GARUT

Penulis

  • usep syaepul anwar PAI Fak. Tarbiyah Institut Agama Islam Cipasung

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya remaja yang malas datang ke Mesjid untuk melaksanakan shalat berjamaah. Ramaja lebih senang bermain dari pada shalat berjamaah dan kuatnya pengaruh teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara umum faktor yang mempengaruhi motivasi remaja shalat berjamaah ditinjau dari faktor internal serta implikasi terhadap layanan informasi, dan secara khusus, dilihat dari persepsi individu mengenai diri sendiri, dilihat dari harga diri dan prestasi, dilihat dari harapan, dilihat dari kebutuhan serta kepuasan kerja untuk meraih sesuatu. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan kunci adalah 3 orang remaja. Kemudian ditambah dengan informan tambahan dengan 3 orang tua dan 3 saudara. Dari hasil penelitian menunjukkan secara umum terungkap bahwa, faktor yang mempengaruhi motivasi remaja dalam melaksanakan shalat berjamaah dilihat dari faktor internal, 1) Secara umum yaitu adanya sebagian besar remaja jarang melaksanakan shalat berjamaah di Mesjid, remaja merasa malas melaksanakan shalat, kerana sebagian remaja berpikir bahwa shalat berjamaah itu lama, dan remaja lebih senang bermain dari pada melaksanakan shalat berjamaah. 2) Secara khusus terungkap bahwa remaja merasa dirinya kurang memahami dalam melaksanakan shalat berjamaah di mesjid, kurangnya motivasi dari orang tua serta kurangnya motivasi dalam diri remaja sehingga membuat remaja merasa malas dalam melaksanakan shalat berjamaah di Mesjid. Kurangnya ketegasan dalam diri remaja untuk menolak ajakan dari teman-temannya untuk tidak melaksanakan shalat berjamaah. Sehingga dapat direkomendasikan agar remaja bias melaksanakan shalat berjamaah secara rutin setiap harinya.

Kata kunci: Motivasi remaja, shalat berjamaah

Referensi

Atsqalani, Ibnu Hajar. 2007. Buluughul Maraam. Bandung: Gema Risalah Press.

Danarjati, Dewi Prasetia dan Murtiadi, Adi dan Ekawati, Ari Ratna. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Patilima, Hamid. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Pieter, Herizen dan Lubis, Namora Lumongga. 2010. Pengantar Psikologi dalam Keperawatan. Jakarta: Kencana. Prayitno, Elida. 2006. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: Angkasa Raya.

Santrock, Jhon W. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sarwono, Sarlito. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sobur, Alex. 2013. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-02-11