PERILAKU KEAGAMAAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI TK PLUS PERTIWI KP. CIBALIER DESA SANCANG KABUPATEN GARUT

Penulis

  • ahmad surahmin PAI Fak. Tarbiyah Institut Agama Islam Cipasung

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku keagamaan Islam anak usia dini Taman Kanak-kanak Tk plus pertiwi sancang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perilaku keagamaan Islam pada anak meliputi: anak paham tentang ajaran Islam, anak bersikap baik terhadap sesama makhluk ciptaan Allah, dan anak terampil dalam beribadah, (2) Proses pendidikan, antara lain: menggunakan kurikulum 2013, program unggulan adalah tahfidzul quran. (3) Peran guru dalam membentuk perilaku keagamaan Islam pada anak, (4) dukungan orang tua dalam membentuk perilaku keagamaan Islam pada anak adalah adanya dukungan di rumah, dan adanya kerjasama yang terjalin antara orang tua dengan pihak sekolah, (5) Keberhasilan TK Plus Pertiwi sancang dalam membentuk perilaku keagamaan Islam pada anak ditunjukkan pada perubahan perilaku yang dialami anak, dan adanya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah.

Kata kunci: Pembentukan, Perilaku Keagamaan,Islam, Anak Usia Dini

Referensi

Abdillah F, Hasan.A-Z Kelalaian-kelalaian yang Membuat Shalat Sia-sia.Jakarta:Cerdas Taqwa. 2012.

Abdurrahman,Jamal. Parenting Rasulullah Cara Nabi Mendidik Anak Muslim.Yogyakarta:Pustaka Rama. 2008.

Agus N,Cahyo. Berbagai Cara Latihan Otak & Daya Ingat dengan Menggunakan Ragam Media Audio Visual.Yogyakarta:DIVA Press.2011.

Ahmadi, Abu dan Noor Salimi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara,1991.

Anon. NSPK Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Pendidiikan AL Quran. Jakarta:Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-02-11