OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI DESA WANGUN WATI KECAMATAN KARANG NUNGGAL

Penulis

  • ulih muslih muslihudin

Abstrak

Abstrak

Optimalisasi Kemapuan Sumberdaya Manusia di Desa untuk mengelola penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat harus didukung oleh semua unsur dan sumber daya desa untuk menunjang bagi perbaikan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam konteks ini, yang dimaksud dengan Sistem Informasi Desa adalah proses dan aplikasi/media berbasis komputer dan internet yang didalamnya memuat administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik, transmisi informasi atas ke bawah atau sebaliknya, komunikasi lintas sektoral, komunikasi Pemerintah Desa dan Masyarakat, dsb. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif, karena dalam penelitian ini penulis bermaksud memaparkan situasi ataupun peristiwa dan gejala kejadian yang ada atau gejala yang terjadi pada saat peneliti melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa Wangun Wati Kecamatan Karang Nunggal. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari informan, aktivitas, dan tempat di mana informan berada yang diperoleh dari apa yang dilihat, didengar, diamati, dirasa, dan dipikirkan peneliti. Sementara data sekundernya diperoleh dari dokumen yang telah tersedia, yaitu profil desa dan wawancara yang kemudian dianalisis guna menemukan aspek penting yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hal ini bertujuan agar setiap desa dapat mendapatkan akses informasi dan pengetahuan terkini, masyarakat pelosok desa terpencil dapat memanfaatkan jaringan internet untuk berbagai bidang seperti ekonomi, bisnis, pariwisata, pemerintahan serta pendidikan. Namun kita perlu menyadari setiap adanya kemajuan pada suatu bidang, akan muncul juga kekhawatiran akan dampak negatif internet bagi masyarakat desa. Internet yang akan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat muda di desa, dikhawatirkan akan memicu untuk hal-hal negatif. Oleh karena itu, sebagai pengguna bijak hendaknya menyadari akan dampak-dampak negatif yang mungkin saja dihadapi dalam setiap kemajuan, diperlukan self filtering dari diri pengguna itu sendiri untuk meminimalisir adanya dampak negatif yang akan timbul..

 

Kata kunci: Optimalisasi, Teknologi, Informasi, Komunikasi, Desa Wangun Wati

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Nazir, M., 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Neuman, W., 2006. Social Reserch Methods: Qualitative and Quantitati. Boston: Allyn and Bacon.

Poerwandari, K., 2008. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: PSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sugiyono, 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Anonim, SMIL Introduction, Diakses melalui http:// www.w3schools.com/smil/smil_ intro.asp, pada 7 April 2006.

Bintarto, R, Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya, Jakarta: Ghalia, 19 83. Kadir, A dan Triwahyuni, T.C., Pengenalan Teknologi Inform isi; Yogyakarta: Andi, 2003.

Purbo, O.W, Beberapa isu yang berkaitan dengan efek teknologi infom Diakses melalui http://www.ict4pr.org/ict4pr.htm; Pac September 2005. Raharjo, Budi, Menjembatani Kesenjangan Digital di Indonesia, dials melalui www.cert.or.id/~ ^^/'/presentations/menjembati digital-divide-2.ppt, pada 15 Februari 2008.

Santoso, Singgih, SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara Profesional; Jakarta : Elex Media Komputindo, 2001 Sudjana, Metoda Statistika, Bandung: Tarsito, 1996.

Wadjdi, A.F., Model "Benchmarking" Popularitas Electronic-Government Gov) Berbasis Web; Diakses melalui http // buletinlitbang.dephan.go.id/benchmark- egov- indonesia.hl ml, pada 17 Juli 2005. Yudono, D. , XML Sebuah Teknologi Web Baru; Diakses melalui httf:// www.toekang web.or.id/11-tips-xml.html, pada 7 April 2005.

Diterbitkan

2018-12-01