PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI MDT AT-TAQWA KP. RANCA AYU DESA MAROKO KABUPATEN GARUT

Penulis

  • sri utami dewi kampus iaic tasikmalaya

Abstrak

Abstrak

Hubungan dengan teman sebaya memiliki sejumlah peran penting dalam perkembangan pribadi dan sosial anak. Salah satu fungsi terpenting teman sebaya yaitu memberikan sumber informasi dan perbandingan tentang dunia di luar keluarga. Anak-anak menerima umpan balik tentang kemampuan mereka dari grup sebayanya. Dengan adanya interaksi antar santri baik dikelas maupun di luar kelas terbentuklah suatu perkumpulan yang dapat dijadikan salah satu sumber motivasi ekstrinsik, yaitu teman sebaya. Kebersamaan dengan waktu yang lama di madrasah dapat memberikan motivasi tersendiri dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan tingkat interaksi teman sebaya santri di MDT At-taqwa kp. Ranca Ayu desa Maroko Kab. Garut, (2) menjelaskan tingkat motivasi belajar santri di MDT At-taqwa kp. Ranca Ayu desa Maroko Kab. Garut, (3) mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar santri di MDT At-taqwa kp. Ranca Ayu desa Maroko Kab. Garut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat interaksi teman sebaya yang dimiliki santri, maka semakin tinggi pula motivasi belajar santri.

Kata kunci: interaksi teamn sebaya, Motivasi belajar.

Referensi

References

Abu Ahmadi. (2000). Psikologi Sosial.Jakarta: Rineka Cipta.

Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiyono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah B. Uno. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

John W Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oemar Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo

Slamet Santosa. (2006). Dinamika Kelompok. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Elsam,2014. UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.[online].(http:referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasiona/, diakses tanggal 2 Agustus 2017).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-12-01