PENDIDIKAN TAUHID PERSPEKTIF IBRAHIM BAJURI SERTA IMPLEMENTASINYA DI MADRASAH DINIYAH

Penulis

  • Deni Permana Fakultas Dakwah IAIC Tasikmalaya

Abstrak

Tayangan televisi yang dapat disaksikan hari ini oleh remaja yang tidak menutup kemungkinan mempengaruuhi kualitas keimanan seseorang tidak sedikit diantara remaja yang menjadi takut serta tidak sedikit yang lebih percaya kepada dukun atau paranormal ketimbang keyakinannya akan kekuatan dan kekuasaan Allah SWT. munculnya tayangan film berbau religi seperti itu baru mengikuti tren yang saat ini berkembang di masyarakat dan hal semacam ini sedikit atu banyak mamp mempengaruhi kualitas keimanan

Secara konseptual (materi) yang disajikan dalam pelaksanaan pndidikan tauhid oleh ustadz di Madrasah Diniyah Sirojul Falah Cilutung Cikalong dapat dikatakan sesuai dengan konsep tauhid sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibrahim Albajuri dalam kitab Tijanudaruri. Dimana kitab tersebut merupakan kitab rujukan dalam mempelajari ilmu tauhid paling mendasar. Dari sisi pelaksanaanya ustadz  tidak hanya memberikan konsep saja, namun telah memberikan contohnya kepada remaja dengan cara dipraktekan sendiri oleh ustadz tersebut mulai dari latihan sampai pada pengawasan, mengawasi praktek pelaksanaan tauhid oleh remaja. Hasil yang dicapai oleh remaja dalam implementasi pendidikan tauhid nampaknya secara sosiologis dinilai kurang efektif dan efisien. Sebab remaja lebih memperhatikan konsep pendidikan tauhid yang mereka terima dari orang tuanya, sekalipun secara normtif telah sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Ibrahim Albajuri.

 

          Kata kunci: Pendidikan Tauhid, Madrasah Diniyah, Ustadz

Referensi

Asmuni, Yusron. 1999. Ilmu Tauhid, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Basmalah, Yahya Saleh. 1993. Manusia Dan Alam Gaib, Terjemahan Ahmad Rais Sinar, Pustaka Firdaus, Jakarta.

Daradjat, Zakiah. 1970. Ilmu Jiwa Agama, Bulan Bintang, Jakarta.

Dawud, Muhammad Isa. 1997. Dialog Dengan Jin Muslim, Terjemahan: Afif Muhammad dan H. Abdul Adhiem, Pustaka Hidayah, Bandung.

DEPAG RI. 2001. Al Quran Dan Terjemahannya.

Hadari Nawawi. 2004. Aqidah Islam : Pola Hidup Manusia Beriman, Terjemahan Moh. Abdai Rathomy, Diponegoro, Bandung.

Ihsan, Hamdani dan Hasan, A. Fuad. 1998.

Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia, Bandung.

Ilyas, Yunahar. 1995. Kuliah Aqidah Islam. LPPI, Yogyakarta.

Jalaluddin. 2001. Psikologi Agama, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ma’arif, A. Syafi’I. 1991. Pendidikan Islam Di Indonesia Antara Cita Dan Fakta, Tiara Wacana, Yogykarta.

R asyid, Daud. 2000. Islam Dalam Berbagai Dimensi, Gema Insani Press, Jakarta.

Saeful Anwar. 2000. Mendidik Anak Secara Islami, Terjemahan Supriyanto Abdullah Hidayat, Ash-Shaff, Yogyakarta.

Syahid, Syah Ismail. 2001. Menjadi Mukmin Sejati, Terjemahan Shohif, Mitra Pustaka, Yogyakarta.

Tafsir, Ahmad. 1997. Metodologi Pengajaran Agama Islam, PT. Remaja RosdaKarya, Bandung.

Tauhid, Abu. 1990. Beberapa Aspek Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga.Yogyakarta.

Ulwan, Abdullah Nashih. 1992. Pendidikan Anak Menurut Islam : Kaidah Kaidah Dasar. Terjemahan Khalilullah Ahmas Masjkur Hakim, PT. RosdaKarya, Bandung.

Zainuddin. 1992. Ilmu tauhid Lengkap, Rineka Cipta, Jakarta.

Zein, Muhammad. 1991. Methodologi Pengajaran Agama, Sumbangsih Offset Papringan, Yogyakarta.

Zuhdi, Masjfuk. 1993. Masa’il Fiqhiyah, Haji Mas Agung, Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-04